Durasi:
Modul ini akan dilakukan selama minimal sepuluh hari, atau 60 jam, instruksi formal.
Isi:
Modul ini akan berisi bagian pada Peraturan Tabrakan, Perencanaan Passage, Search and Rescue (IAMSAR), Elektronik Navigasi Aids, ECDIS, AIS, radar dan ARPA (Target Tracking). Ini akan berisi latihan navigasi simulasi untuk menunjukkan kompetensi dalam perencanaan dan pemantauan teknik, pemanduan buta, menghindari tabrakan dan latihan praktis dalam Search and Rescue. Struktur modul akan memasukkan setidaknya lima hari penggunaan sebuah Radar tipe yang disetujui MCA dan Sistem Navigasi Bridge Simulator. Minimal tiga hari akan dikhususkan untuk kuliah dalam penggunaan praktis ARPA (pelacakan target). Penggunaan praktis ECDIS untuk perencanaan dan pemantauan bagian harus dilakukan cukup untuk menunjukkan kompetensi navigasi dalam penggunaan ECDIS.
Penilaian akan dalam dua bagian:
1. Di-kursus penilaian praktis: Calon HARUS memuaskan menyelesaikan penilaian di-kursus sebelum mereka memenuhi syarat untuk mengambil ujian tertulis. Penilaian di-kursus akan terdiri dari:
- Mempersiapkan rencana bagian rinci untuk suatu bagian, atau pendekatan pelabuhan, di perairan estuarial atau pesisir. Rencana ini dapat dipilih sebagai salah satu bagian berjalan di simulator. Berhasil menyelesaikan serangkaian latihan simulator, menunjukkan kompetensi dalam:
i navigasi Umum termasuk penggunaan alat bantu navigasi elektronik (termasuk radar, ARPA dan ECDIS),
ii. Pemahaman dan penerapan Peraturan Internasional Pencegahan Tubrukan di Laut (ColRegs).
ii. Pemahaman dan penerapan Peraturan Internasional Pencegahan Tubrukan di Laut (ColRegs).
2. A ditulis 3 jam ujian. Kertas tertulis akan mencakup plot radar, pertanyaan memeriksa calon 'di bawah menjepit knowledgea dan bisa juga menyertakan rencana perjalanan.
Untuk mencapai lulus calon harus memperoleh minimal 60% di semua bagian.
Penilaian dan perencanaan
1 Mengidentifikasi paling cocok rute - berkonsultasi dengan semua dokumentasi yang relevan
a) Percontohan informasi buku: patch dangkal, daerah terlarang, daratan mencolok, bahaya lepas pantai, dll
b) Mengatur kursus pada grafik, bersandar ke dermaga, antara titik keberangkatan dan tujuan
c) arus yang berlaku dan pasang (ketinggian dan arah) di tempat-tempat yang relevan
d) daerah Pelaporan, VTS dan kebutuhan komunikasi lainnya
e) persyaratan daerah pemanduan
f) Mengidentifikasi dan menyorot bahaya pada grafik
g) Menilai dan memungkinkan margin yang sesuai keselamatan dari bahaya
h) Cuaca seluruh rute, angin, kabut potensial, es dan aspek lainnya termasuk TRS badai yang bisa membatasi bagian atau memerlukan penyimpangan
b) Mengatur kursus pada grafik, bersandar ke dermaga, antara titik keberangkatan dan tujuan
c) arus yang berlaku dan pasang (ketinggian dan arah) di tempat-tempat yang relevan
d) daerah Pelaporan, VTS dan kebutuhan komunikasi lainnya
e) persyaratan daerah pemanduan
f) Mengidentifikasi dan menyorot bahaya pada grafik
g) Menilai dan memungkinkan margin yang sesuai keselamatan dari bahaya
h) Cuaca seluruh rute, angin, kabut potensial, es dan aspek lainnya termasuk TRS badai yang bisa membatasi bagian atau memerlukan penyimpangan
2 Tentukan semua aspek yang mempengaruhi navigasi
a) Mengidentifikasi pengaturan memperbaiki posisi
b) Mengidentifikasi bantalan transit dan cara lain untuk menentukan kesalahan kompas
c) Tentukan pengindeksan paralel yang cocok dan mengidentifikasi rentang indeks
d) Tentukan pengaturan kontingensi
e) Menetapkan posisi 'batalkan' ketika mendekati perairan terbatas
f) Mengidentifikasi daerah Pemisahan Lalu Lintas
g) Mengidentifikasi daerah khusus lainnya dan pembatasan, yang dapat mempengaruhi navigasi yang aman
h) Tentukan perubahan kesalahan kompas dengan grafik variasi atau serupa
b) Mengidentifikasi bantalan transit dan cara lain untuk menentukan kesalahan kompas
c) Tentukan pengindeksan paralel yang cocok dan mengidentifikasi rentang indeks
d) Tentukan pengaturan kontingensi
e) Menetapkan posisi 'batalkan' ketika mendekati perairan terbatas
f) Mengidentifikasi daerah Pemisahan Lalu Lintas
g) Mengidentifikasi daerah khusus lainnya dan pembatasan, yang dapat mempengaruhi navigasi yang aman
h) Tentukan perubahan kesalahan kompas dengan grafik variasi atau serupa
3 Pra-berlayar pengarahan
a) Memahami pentingnya pra-berlayar pengarahan
b) Mengidentifikasi informasi yang akan dibahas pada pra-berlayar pengarahan
b) Mengidentifikasi informasi yang akan dibahas pada pra-berlayar pengarahan
4 Penggunaan ECDIS dengan Perencanaan Ayat
a) Merencanakan dan menyimpan rute menggunakan ECDIS, menambahkan teks dan peringatan, bila perlu
b) Set parameter yang sesuai alarm, yaitu kedalaman keselamatan, kontur keselamatan, batas penyimpangan
c) Tentukan ketersediaan grafik yang tepat dan cakupan mereka
a) Merencanakan dan menyimpan rute menggunakan ECDIS, menambahkan teks dan peringatan, bila perlu
b) Set parameter yang sesuai alarm, yaitu kedalaman keselamatan, kontur keselamatan, batas penyimpangan
c) Tentukan ketersediaan grafik yang tepat dan cakupan mereka
5 Konsumsi bahan bakar dan jangkauan
a) Tentukan jarak total untuk perjalanan dan konsumsi bahan bakar
b) Tentukan cadangan bahan bakar yang aman diperlukan
c) Tentukan bahan bakar yang dibutuhkan di pelabuhan keberangkatan
b) Tentukan cadangan bahan bakar yang aman diperlukan
c) Tentukan bahan bakar yang dibutuhkan di pelabuhan keberangkatan
Pelaksanaan dan pemantauan
7 Navigasi keselamatan
a) Tentukan program untuk mengarahkan untuk membuat baik kursus yang diinginkan
b) Perbaiki posisi kapal oleh visual dan / atau radar - cross check
c) Perbaiki posisi kapal oleh bantuan navigasi elektronik - cross check
d) Efektif memonitor perkembangan pembuluh oleh ECDIS
e) Memantau posisi kapal dengan indeks paralel dengan referensi jalur yang direncanakan di perairan pesisir dan estuarial dan pendekatan pelabuhan
f) Menjaga kapal pada posisi yang aman
g) Jalankan 'pengaturan kontingensi' dalam hal kegagalan kemudi, kerusakan mesin, pemadaman dll
h) Memantau kapal lain dengan radar / ARPA
i) Mematuhi sepenuhnya dengan Peraturan Internasional Pencegahan Tubrukan di Laut
j) Memanfaatkan informasi AIS dari unit MKD atau AIS / ARPA / ECDIS antarmuka untuk meningkatkan kesadaran situasi.
k) Melakukan suatu bagian pesisir direncanakan dalam simulator di visibilitas yang jelas dan / atau mengurangi menunjukkan navigasi seamanlike dan keterampilan chartwork.
b) Perbaiki posisi kapal oleh visual dan / atau radar - cross check
c) Perbaiki posisi kapal oleh bantuan navigasi elektronik - cross check
d) Efektif memonitor perkembangan pembuluh oleh ECDIS
e) Memantau posisi kapal dengan indeks paralel dengan referensi jalur yang direncanakan di perairan pesisir dan estuarial dan pendekatan pelabuhan
f) Menjaga kapal pada posisi yang aman
g) Jalankan 'pengaturan kontingensi' dalam hal kegagalan kemudi, kerusakan mesin, pemadaman dll
h) Memantau kapal lain dengan radar / ARPA
i) Mematuhi sepenuhnya dengan Peraturan Internasional Pencegahan Tubrukan di Laut
j) Memanfaatkan informasi AIS dari unit MKD atau AIS / ARPA / ECDIS antarmuka untuk meningkatkan kesadaran situasi.
k) Melakukan suatu bagian pesisir direncanakan dalam simulator di visibilitas yang jelas dan / atau mengurangi menunjukkan navigasi seamanlike dan keterampilan chartwork.
8 Perilaku Kedatangan pengarahan
a) Memahami pentingnya kedatangan briefing
b) Mengidentifikasi informasi yang akan dibahas pada konferensi kedatangan
b) Mengidentifikasi informasi yang akan dibahas pada konferensi kedatangan
Peraturan Internasional Pencegahan Tubrukan di Laut
9 Penerapan ColRegs - latihan praktis pada simulator disetujui
a) Menghargai perlunya tindakan dan bahaya asumsi yang dibuat pada informasi yang tidak memadai awal dan substansial
b) Mengambil tindakan yang sesuai sesuai dengan Aturan untuk menghindari situasi kuartal dekat dengan pembuluh di mata satu sama lain
c) Mengambil tindakan yang sesuai sesuai dengan Aturan untuk menghindari situasi kuartal dekat dengan pembuluh terdeteksi oleh radar saja, tetapi tidak diamati secara visual
d) Tentukan kecepatan aman dengan mempertimbangkan semua kondisi yang berlaku
e) Sementara melakukan perjalanan simulasi, menganalisis potensi risiko tabrakan saat berada di pertemuan multi-kapal yang potensial, menentukan dan melaksanakan tindakan terbaik untuk menghindari situasi kuartal dekat
b) Mengambil tindakan yang sesuai sesuai dengan Aturan untuk menghindari situasi kuartal dekat dengan pembuluh di mata satu sama lain
c) Mengambil tindakan yang sesuai sesuai dengan Aturan untuk menghindari situasi kuartal dekat dengan pembuluh terdeteksi oleh radar saja, tetapi tidak diamati secara visual
d) Tentukan kecepatan aman dengan mempertimbangkan semua kondisi yang berlaku
e) Sementara melakukan perjalanan simulasi, menganalisis potensi risiko tabrakan saat berada di pertemuan multi-kapal yang potensial, menentukan dan melaksanakan tindakan terbaik untuk menghindari situasi kuartal dekat
Search and Rescue
10 Prinsip pencarian dan penyelamatan - aplikasi praktis dari pencarian dan penyelamatan
a) Memahami isi dasar dan penggunaan Aeronautical dan Search and Rescue Kelautan Internasional (IAMSAR) Manual
b) Melakukan simulasi beberapa kapal SAR latihan untuk menyertakan setidaknya tiga kapal
c) Membentuk OSC untuk latihan jelas kontrol pesisir
d) Delegasikan tanggung jawab
e) Menetapkan datum
f) Melakukan komunikasi penuh dan instruksi
g) Lakukan beberapa pola pencarian kapal
h) Menetapkan komunikasi antar-kapal untuk mempersiapkan pemulihan
i) Memahami bagaimana penggunaan ECDIS dapat membantu pola pencarian
j) Latihan harus mencerminkan implikasi dari GMDSS dan fasilitas tambahan lainnya tersedia untuk membantu SAR
k) Membuat kapal sendiri siap untuk operasi SAR dan pemulihan korban
l) manuver untuk memulihkan korban
b) Melakukan simulasi beberapa kapal SAR latihan untuk menyertakan setidaknya tiga kapal
c) Membentuk OSC untuk latihan jelas kontrol pesisir
d) Delegasikan tanggung jawab
e) Menetapkan datum
f) Melakukan komunikasi penuh dan instruksi
g) Lakukan beberapa pola pencarian kapal
h) Menetapkan komunikasi antar-kapal untuk mempersiapkan pemulihan
i) Memahami bagaimana penggunaan ECDIS dapat membantu pola pencarian
j) Latihan harus mencerminkan implikasi dari GMDSS dan fasilitas tambahan lainnya tersedia untuk membantu SAR
k) Membuat kapal sendiri siap untuk operasi SAR dan pemulihan korban
l) manuver untuk memulihkan korban
Radar
11 tampilan Radar
.
.
1 Memahami modus operasi
a) Memahami dan memanfaatkan keuntungan dari orientasi tampilan yang berbeda
b) Memahami dan memanfaatkan keuntungan dari berbagai mode tampilan
c) Memahami dan memanfaatkan keuntungan dari laut dan stabilisasi tanah
d) Menghargai dan memanfaatkan jalur sasaran
a) Memahami dan memanfaatkan keuntungan dari orientasi tampilan yang berbeda
b) Memahami dan memanfaatkan keuntungan dari berbagai mode tampilan
c) Memahami dan memanfaatkan keuntungan dari laut dan stabilisasi tanah
d) Menghargai dan memanfaatkan jalur sasaran
. 2 Penggunaan Radar Navigasi
a) Mengoperasikan ARPA radar dihubungkan dengan ECDIS
b) Memahami keuntungan dan keterbatasan dari ARPA dan sasaran overlay dilacak pada layar ECDIS
c) Memahami kelebihan dan keterbatasan overlay gambar radar ke ECDIS
a) Mengoperasikan ARPA radar dihubungkan dengan ECDIS
b) Memahami keuntungan dan keterbatasan dari ARPA dan sasaran overlay dilacak pada layar ECDIS
c) Memahami kelebihan dan keterbatasan overlay gambar radar ke ECDIS
12 radar Praktis merencanakan ~
a) Lakukan kertas dan real-time simulator merencanakan lebih dari satu sasaran
b) Tentukan pengaruh perubahan kapal sendiri tentu saja pada CPA target lainnya
b) Tentukan pengaruh perubahan kapal sendiri tentu saja pada CPA target lainnya
ARPA & Sasaran Pelacakan Radar
Pengantar
Ini bagian dari kursus mengikuti struktur MCA disetujui ARPA saja: ia berfungsi sebagai pelatihan penyegaran bagi para kandidat yang sudah memenuhi syarat ARPA.
(Catatan: istilah ARPA meliputi kemampuan pelacakan target radar baru)
(Catatan: istilah ARPA meliputi kemampuan pelacakan target radar baru)
Tujuan
Tujuan kursus adalah untuk memberikan pelatihan dalam fundamental dan pengoperasian peralatan radar ARPA dan dalam interpretasi dan analisis informasi yang diperoleh dari peralatan ini. Untuk memenuhi IMO dan persyaratan hukum, radar ARPA harus di bawah kendali seseorang memenuhi syarat dalam penggunaan operasional ARPA.
Tujuan
Pada akhir kursus petugas harus mampu secara efektif menggunakan peralatan ARPA sebagai bantuan aman untuk navigasi dan menghindari tabrakan melalui kemampuan untuk:
- Ikuti prosedur untuk operasi peralatan dan pemeliharaan layar
- Mendapatkan dan menganalisa data yang diberikan
- Mengambil tindakan yang diperlukan untuk pelaksanaan yang aman dari navigasi berdasarkan benar
- Interpretasi dan analisis data yang ARPA
Desain Latihan
Latihan akan memerlukan peserta untuk menggambarkan prinsip-prinsip menjaga aman navigasi menonton, chartwork dan menghindari tabrakan. Desain dan pelaksanaan latihan akan progresif dengan latihan kemudian dirancang untuk meregangkan kemampuan peserta.
ARPA & Sasaran Pelacakan Radar
a) Standar Kinerja IMO untuk ARPA
- Apresiasi terhadap standar kinerja khususnya standar yang berhubungan dengan akurasi
b) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem dan akurasi
Pengetahuan tentang ARPA parameter input sensor - radar, kompas dan kecepatan input dan efek sensor kerusakan pada keakuratan data ARPA.
Pengetahuan tentang:
i. Efek dari keterbatasan jangkauan radar dan diskriminasi bantalan dan akurasi dan keterbatasan dari kompas dan akurasi masukan kecepatan pada keakuratan ARPA Data
ii Faktor yang mempengaruhi akurasi vektor
c) kemampuan Pelacakan dan keterbatasan
Pengetahuan tentang:
Kriteria I.The untuk pemilihan target dengan akuisisi otomatis
Faktor ii.The mengarah ke pilihan yang tepat sasaran untuk akuisisi pengguna
efek iii.The pada pelacakan target hilang dan sasaran memudar
keadaan IV.the menyebabkan 'target swap' dan dampaknya pada data yang ditampilkan
batas v.The dikenakan pada kedua jenis akuisisi dalam skenario multi-sasaran
Kriteria I.The untuk pemilihan target dengan akuisisi otomatis
Faktor ii.The mengarah ke pilihan yang tepat sasaran untuk akuisisi pengguna
efek iii.The pada pelacakan target hilang dan sasaran memudar
keadaan IV.the menyebabkan 'target swap' dan dampaknya pada data yang ditampilkan
batas v.The dikenakan pada kedua jenis akuisisi dalam skenario multi-sasaran
d) Pengolahan penundaan
Pengetahuan tentang:
i. penundaan yang melekat dalam tampilan informasi ARPA olahan, terutama pada akuisisi dan re-akuisisi atau ketika target dilacak, atau kapal sendiri, manuver.
i. penundaan yang melekat dalam tampilan informasi ARPA olahan, terutama pada akuisisi dan re-akuisisi atau ketika target dilacak, atau kapal sendiri, manuver.
e) Peringatan Operasional
Apresiasi:
i. Penggunaan, manfaat dan keterbatasan peringatan operasional ARPA dan pengaturan yang benar, mana yang berlaku, untuk menghindari alarm palsu dan gangguan
i. Penggunaan, manfaat dan keterbatasan peringatan operasional ARPA dan pengaturan yang benar, mana yang berlaku, untuk menghindari alarm palsu dan gangguan
e) vektor Benar dan relatif dan representasi grafis khas informasi target dan daerah bahaya
Pengetahuan mendalam tentang vektor benar dan relatif, derivasi dari program sejati target 'dan kecepatan, termasuk:
i. penilaian ancaman, derivasi diprediksi paling dekat titik pendekatan dan prediksi waktu untuk dekat titik pendekatan dari ekstrapolasi maju vektor, penggunaan representasi grafis dari daerah bahaya
i. penilaian ancaman, derivasi diprediksi paling dekat titik pendekatan dan prediksi waktu untuk dekat titik pendekatan dari ekstrapolasi maju vektor, penggunaan representasi grafis dari daerah bahaya
ii pengaruh perubahan saja dan / atau kecepatan kapal sendiri dan / atau target pada diprediksi paling dekat titik pendekatan dan prediksi waktu untuk titik terdekat pendekatan dan daerah bahaya
iii efek vektor yang salah dan daerah bahaya
iv manfaat beralih antara vektor benar dan relatif
f) Informasi tentang posisi masa lalu target sedang dilacak
Pengetahuan tentang:
i derivasi dari posisi masa lalu target sedang dilacak
ii pengakuan data historis sebagai sarana menunjukkan manuver baru target dan sebagai metode memeriksa validitas pelacakan ARPA
g) Menyiapkan dan memelihara menampilkan
Kemampuan untuk menunjukkan:
i. pemilihan tampilan presentasi, stabil menampilkan gerak relatif dan menampilkan gerak yang benar
ii. penyesuaian yang tepat dari semua layar radar variabel kontrol untuk tampilan optimal data
iii. pemilihan yang sesuai input kecepatan yang diinginkan
iv. pemilihan ARPA kontrol pelacakan, akuisisi, vektor / grafis tampilan otomatis manual data
v pemilihan skala waktu vektor / grafis
vi. penggunaan wilayah pengecualian ketika akuisisi otomatis digunakan
vii. pemeriksaan kinerja sensor masukan radar, kompas dan kecepatan dan ARPA
ii. penyesuaian yang tepat dari semua layar radar variabel kontrol untuk tampilan optimal data
iii. pemilihan yang sesuai input kecepatan yang diinginkan
iv. pemilihan ARPA kontrol pelacakan, akuisisi, vektor / grafis tampilan otomatis manual data
v pemilihan skala waktu vektor / grafis
vi. penggunaan wilayah pengecualian ketika akuisisi otomatis digunakan
vii. pemeriksaan kinerja sensor masukan radar, kompas dan kecepatan dan ARPA
h) Memperoleh informasi dari layar ARPA
Kemampuan untuk mendapatkan informasi di kedua mode relatif dan benar layar, termasuk:
i. identifikasi gema kritis
ii kecepatan dan arah gerakan relatif target
iii waktu untuk diprediksi dan rentang pada target titik terdekat pendekatan
iv kursus dan kecepatan target
v perubahan mendeteksi kursus target 'dan kecepatan dan keterbatasan informasi tersebut
vi pengaruh perubahan dalam kursus kapal sendiri atau kecepatan atau keduanya
vii pengoperasian manuver sidang
ii kecepatan dan arah gerakan relatif target
iii waktu untuk diprediksi dan rentang pada target titik terdekat pendekatan
iv kursus dan kecepatan target
v perubahan mendeteksi kursus target 'dan kecepatan dan keterbatasan informasi tersebut
vi pengaruh perubahan dalam kursus kapal sendiri atau kecepatan atau keduanya
vii pengoperasian manuver sidang
i) Penerapan Peraturan Internasional tentang Pencegahan Tabrakan di Laut
Analisis situasi tabrakan potensial dari informasi yang ditampilkan, penentuan dan pelaksanaan tindakan untuk menghindari situasi perempat dekat sesuai dengan Peraturan Internasional tentang Pencegahan Tabrakan di Laut.
j) Interfacing ARPA dengan sistem lain
a) Memahami kemampuan untuk mengintegrasikan data antara alat bantu navigasi dan keterbatasan mereka, yaitu ARPA untuk ECDIS, GPS untuk ARPA dan ECDIS
b) Menghargai bahaya dan keterbatasan transfer data antara peralatan
a) Memahami kemampuan untuk mengintegrasikan data antara alat bantu navigasi dan keterbatasan mereka, yaitu ARPA untuk ECDIS, GPS untuk ARPA dan ECDIS
b) Menghargai bahaya dan keterbatasan transfer data antara peralatan
ECDIS (Electronic Chart Tampilan dan Sistem Informasi)
Pengetahuan mendalam tentang dan kemampuan untuk menggunakan ECDIS, khususnya:
a) Memahami perbedaan operasional antara ECS & ECDIS;
b) Memahami jenis utama grafik elektronik yang tersedia;
i grafik raster;
ii Vector grafik;
i grafik raster;
ii Vector grafik;
c) Menyadari S-52 & S-57 standar kinerja IHO.
d) Memahami tentang pentingnya ENCs dan penggunaannya dengan ECDIS.
e) Membuat rencana perjalanan
f) Terapkan pengaturan keamanan yang tepat
g) Jalankan pemeriksaan keamanan pada rencana perjalanan
h) Pengendalian fungsi navigasi dan pengaturan
i) Mengelola fungsi spesifik pemantauan rute
j) Memahami indikasi status, indikator dan alarm
k) Mengelola Radar, ARPA dan overlay AIS
integritas l) Monitor sistem
m) Memahami bahaya atas ketergantungan pada ECDIS
n) Pengetahuan tentang pengadaan dan lisensi dan memperbarui prosedur
o) Pengetahuan tentang persyaratan log pelayaran dan prosedur
AIS (Automatic Identification System)
a) Apakah menyadari konsep AIS:
i Memahami tujuan AIS
ii Sadar konsep sistem AIS
iii Sadar konsep SOTDMA
iv Menjelaskan konstituen utama dari sistem shipborne
i Memahami tujuan AIS
ii Sadar konsep sistem AIS
iii Sadar konsep SOTDMA
iv Menjelaskan konstituen utama dari sistem shipborne
b) Memahami elemen data AIS:
i Memahami informasi yang disertakan dalam data statis
ii Memahami informasi yang disertakan dalam data dinamis
iii Memahami informasi yang disertakan dalam data terkait pelayaran
iv Memahami interval transmisi terkait untuk setiap kelompok data
v Memahami penggunaan keselamatan dan pesan terkait keamanan
vi Sadar penggunaan AIS sebagai alat bantu untuk navigasi
ii Memahami informasi yang disertakan dalam data dinamis
iii Memahami informasi yang disertakan dalam data terkait pelayaran
iv Memahami interval transmisi terkait untuk setiap kelompok data
v Memahami penggunaan keselamatan dan pesan terkait keamanan
vi Sadar penggunaan AIS sebagai alat bantu untuk navigasi
c) AIS Instalasi Kapal
i Memahami persyaratan kereta
ii Memahami konfigurasi MKD
iiiUnderstands konfigurasi radar / ECDIS
ii Memahami konfigurasi MKD
iiiUnderstands konfigurasi radar / ECDIS
d) Penggunaan AIS at Sea
i Memahami kebutuhan untuk cek input data kapal sendiri
ii Memahami penggunaan data AIS pada radar atau ECDIS display
iii Sadar hati-hati ketika membuat keputusan berdasarkan data target AIS
iv Memahami keuntungan dan kerugian dari AIS dibandingkan dengan radar
v Memahami prinsip-prinsip dan penggunaan target asosiasi
ii Memahami penggunaan data AIS pada radar atau ECDIS display
iii Sadar hati-hati ketika membuat keputusan berdasarkan data target AIS
iv Memahami keuntungan dan kerugian dari AIS dibandingkan dengan radar
v Memahami prinsip-prinsip dan penggunaan target asosiasi
No comments:
Post a Comment