Wednesday 21 January 2015

Cara Memutihkan Selangkangan


cara memutihkan selangkangan
Pada dasarnya selangkangan kita tidak akan dengan mudah dilihat orang lain. Tapi bagi Anda yang sudah bersuami, tentunya selangkangan yang hitam akan membuat kurang percaya diri. Suami pun tentunya akan lebih senang bila selangkangan kita putih mulus. Untuk itu, kami akan membantu Anda dengan tips mengenai bagaimana cara memutihkan selangkangan dengan bahan alami. Kami juga akan membahas tentang bagaimana memilih cream yang tepat untuk memutihkan selangkangan.

Mengapa Kulit Selangkangan Berwarna Hitam?

Sebelum melanjutkan ke bagaimana cara memutihkan selangkangan, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa-apa saja penyebab selangkangan menjadi hitam. Mungkin salah satu dari penyebab berikut cocok dengan kondisi Anda.
Ada beberapa faktor penyebab mengapa selangkangan berwarna hitam. Berikut kami bahas penyebabnya satu persatu:
1. Selangkangan Hitam Akibat Gesekan Kulit
Penyebab yang paling sering adalah karena adanya gesekan kulit. Misalnya ketika Anda berjalan, kulit di sekitar selangkangan bergesekan sehingga lama-lama warnanya akan menjadi lebih tua dibanding kulit yang lain. Apalagi jika dikombinasikan dengan keringat, maka warna selangkangan akan lebih cepat menghitam.
Cara memutihkan selangkangan yang diakibatkan gesekan bisa dengan bahan-bahan alami yang akan kami jelaskan nanti, tapi sebaiknya pastikan terlebih dahulu untuk selalu menjaga kebersihan daerah selangkangan utamanya dengan mandi secara teratur untuk membersihkan bekas keringat dan kotoran yang ada di selangkangan setelah beraktifitas seharian.
Untuk yang sering menggunakan rok, Anda harus memperhatikan kebersihan selangkangan Anda setiap hari. Karena dengan menggunakan rok, debu akan lebih mudah hinggap di kulit selangkangan Anda. Bila Anda malas membersihkan diri (malas mandi setelah beraktifitas), maka timbunan kotoran di selangkangan Anda akan membuat warna kulit selangkangan Anda semakin menghitam.
2. Selangkangan Hitam Akibat Penebalan Kulit Pada Diabetes
Penyakit Diabetes seringkali juga menyebabkan gangguan berupa penebalan kulit, misalnya penebalan di daerah selangkangan, punggung atas dan belakang leher. Dikenal juga dengan istilah Scleredema diabeticorum.
Penyebabnya berhubungan dengan kadar insulin di kulit. Biasanya terjadi pada wanita dengan obesitas atau juga wanita yang sedang menderita penyakit Diabetes tipe II.
3. Selangkangan Hitam Akibat Garukan
Pernah mengalami gatal-gatal di selangkangan lalu Anda garuk? Nah, garukan di selangkangan (terlebih lagi kalau kuku Anda panjang) bisa menyebabkan bekas-bekas luka kecil yang tidak terlihat mata.
Bila selangkangan gatal, sebaiknya jangan digaruk tapi diusap saja dengan jari, tissue atau kain yang bersih.
4. Selangkangan Hitam Akibat Hiperpigmentasi Post Inflamasi (HPI)
Hiperpigmentasi Post Inflamasi adalah kondisi kelainan pigmen kulit. Pigmen kulit adalah zat yang ‘mewarnai’ kulit. Nah dalam kasus ini, terjadi gangguan di pigmen tersebut.
Ketika terjadi HPI, pigmen meningkat kadarnya sehingga bagi yang memiliki pigmen kulit coklat/sawo matang, peningkatan warna ini menyebabkan daerah selangkangan berubah warna menjadi lebih tua (menjadi kehitaman).
Hiperpigmentasi Post Inflamasi ini disebabkan oleh peradangan akut maupun kronik. Biasanya terjadi setelah peradangan tersebut.
5. Selangkangan Hitam Akibat Pisau/Silet Cukur
Seringkali ketika mencukur rambut di kemaluan kita, secara tidak sengaja kita ikut mencukur bulu-bulu halus di daerah pangkal paha. Nah, akibat mencukur di daerah sekitar selangkangan inilah kadang bisa menyebabkan kulit selangkangan menghitam.
Kulit selangkangan merupakan kulit yang sensitif. Jadi kita harus berhati-hati ketika mencukur bulu di sekitar selangkangan, karena pisau cukur bisa menyebabkan perlukaan yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat mata namun bisa dilihat lewat mikroskop. Perlukaan kecil ini tidak serta merta membuat selangkangan hitam, namun bila terjadi setelah sekian lama maka kulit selangkangan akan terlihat mulai menghitam.
6. Selangkangan Hitam Akibat Gangguan Hormonal
Walaupun jarang terjadi, namun gangguan hormonal bisa ikut mempengaruhi warna lipatan kulit misalnya di selangkangan dan ketiak. Ini khususnya terjadi pada gangguan hormonal seperti gangguan kelenjar tiroid.
Baiklah, setelah Anda mengetahui apa saja penyebab menghitamnya kulit selangkangan, maka selanjutnya mari kita membahas apa saja cara memutihkan kulit selangkangan.

Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Bahan Alami

Di bawah ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan selangkangan:
1. Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Buah Mentimun
cara memutihkan selangkangan dengan mentimunBuah mentimun dikenal sebagai salah satu buah dengan kadar antioksidan tertinggi. Selain digunakan sebagai masker untuk menghilangkan lingkar hitam pada mata (mata panda), ternyata buah mentimun ini juga bisa membantu mencerahkan kulit selangkangan yang hitam.
Cara penggunaannya: parutlah buah mentimun secukupnya lalu usapkan hasil parutannya di kulit selangkangan. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.
Anda bisa melakukan ini 3 kali seminggu.
Catatan penting: perlu Anda ingat bahwa penggunaan buah mentimun sebagai cara memutihkan selangkangan akan membutuhkan waktu yang lama. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menjalankannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih cepat, sebaiknya Anda menggunakan cream pemutih khusus selangkangan.
2. Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Buah Lemon
cara memutihkan selangkanganPrinsipnya sama dengan buah mentimun. Buah lemon juga merupakan buah yang paling sering digunakan sebagai masker karena kadar antioksidannya yang sangat tinggi. Buah lemon ini bisa Anda gunakan juga sebagai pemutih selangkangan.
Cara penggunaan: belah buah lemon menjadi dua bagian lalu gosok masing-masing potongan lemon tersebut ke kulit selangkangan kanan dan kiri. Ingat, cara menggosoknya pelan saja, jangan ditekan keras-keras. Kalau ditekan keras-keras nanti bisa terjadi iritasi kulit. (Seperti yang kami jelaskan tadi, kulit selangkangan adalah kulit yang sensitif dan cenderung tipis).
Setelah digosokkan buah lemon, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu dibilas dengan air.
Catatan penting: perlu Anda ingat bahwa penggunaan buah lemon sebagai cara memutihkan selangkangan akan membutuhkan waktu yang lama. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menjalankannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih cepat, sebaiknya Anda menggunakan cream pemutih khusus selangkangan.
3. Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Tawas
cara memutihkan selangkangan dengan tawasAnda pasti lebih mengenal tawas sebagai penghilang bau ketiak. Namun sebenarnya tawas bisa digunakan untuk mencerahkan kulit selangkangan karena kandungannya yang alami untuk mencerahkan warna kulit.
Cara penggunaan: ambil tawasnya beberapa potongan kecil lalu larutkan ke dalam air hangat (ingat, airnya hangat dan BUKAN air mendidih). Diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu gunakan kain yang bersih untuk mengusap air tersebut ke selangkangan. Setelah diusapkan, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air.
Catatan penting: perlu Anda ingat bahwa penggunaan tawas sebagai cara memutihkan selangkangan akan membutuhkan waktu yang lama. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menjalankannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih cepat, sebaiknya Anda menggunakan cream pemutih khusus selangkangan.
4. Cara Memutihkan Selangkangan Dengan Kapur Sirih dan Jeruk Nipis
cara memutihkan selangkangan dengan kapur sirihKapur sirih dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa mencerahkan kulit tertentu misalnya kulit bagian selangkangan. Selain murah, kapur sirih juga sangat mudah didapatkan di pasar tradisional maupun di supermarket.
Jeruk Nipis dikenal sangat ampuh untuk membersihkan kotoran dan noda membandel. Anda bisa menggabungkan kedua bahan alami ini ke dalam sekali pemakaian. Untuk hasil maksimal, Anda harus melakukan cara ini secara teratur. Waktu terbaik adalah sesaat sebelum mandi.
Berikut ini cara penggunaannya.
Cara penggunaannya: buatlah air perasan jeruk nipis dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan sedikit air hangat. Kemudian ambil kapur sirih dan tambahkan ke dalam air perasan jeruk tadi. Kemudian dengan kain yang bersih, usapkan ke daerah selangkangan. cara memutihkan selangkangan dengan jeruk nipisTapi harap berhati-hati jangan sampai perasan jeruk nipis mengenai kemaluan Anda untuk mencegah terjadinya iritasi. Setelah beberapa menit, Anda harus membilas dengan air bersih. Anda bisa mengulangi ini paling banyak 3 kali seminggu.
Catatan penting: perlu Anda ingat bahwa penggunaan kapur siruh dan air perasan jeruk nipis sebagai cara memutihkan selangkangan akan membutuhkan waktu yang lama. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menjalankannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih cepat, sebaiknya Anda menggunakan cream pemutih khusus selangkangan.
Demikian pembahasan kami tentang cara memutihkan selangkangan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment