Wednesday 1 May 2013

10 Kelebihan Hubungan Seks Yang Terbukti



10 Kelebihan Hubungan Seks Yang Tebukti
Mungkin masih banyak dari kita yang memandang aktivitas seks (hubungan suami istri) hanya sebagai salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan semata.  Padahal di samping sebagai kebutuhan, seks ternyata memiliki beranekaragam fungsi dan manfaat yang dapat, diantaranya adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis.
Bahkan menurut para ahli, paling tidak ada 10 keuntungan yang kita diperoleh dari aktivitas hubungan seks suami istri yang teratur dan benar.  Seluruh manfaat ini bukanlah sekedar hanya sekedar cerita  saja, tetapi merupakan hasil riset para ahli yang didukung bukti ilmiah.
1.  Meredakan stres
Peneliti dari Skotlandia yang melakukan riset terhadap 22 pria dan 24 wanita yang dikondisikan dalam situasi stres. Aktivitas seksual mereka dicatat dan hasilnya menunjukkan hal yang tak terduga, mereka yang melakukan hubungan intim dapat mengatasi stres lebih baik ketimbang yang tidak melakukan hubungan suami istri.  Dan hasil penelitian ini sudah dipublikasikan di jurnal Biological Psychology menyimpulkan bahwa salah satu manfaat utama hubungan seks bagi kesehatan adalah bisa menurunkan tekanan darah dan meredakan stres secara umum.  Dalam riset lain yang dipublikasikan jurnal yang sama diketahui bahwa aktivitas seks rutin berkaitan dengan tekanan diastolik yang rendah, yang bisa menjauhkan kita dari darah tinggi.
2. Meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh)
Perilaku kehidupan seks yang baik bisa dijadikan indikasi kesehatan fisik seseorang yang baik pula.  Dengan melakukan hubungan seks setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu akan meningkatkan  antibodi yang disebut Immunoglobin  A atau IgA, yang secara langsung meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga mampu melindungi kita dari flu ataupun infeksi.
3.  Aktivitas seks membakar kalori
Menurut penelitian, aktivitas hubungan seks selama 13 menit bisa membakar kurang lebih 85 kalori. Bila dilihat sekilas sepertinya  jumlah ini tidaklah terlalu signifikan. Akan tetapi bayangkan apabila Anda Anda melakukan hubungan suami istri minimal 42 kali dalam setahun, artinya sebulan ‘hanya’ tiga kali, berarti secara tidak sadar Anda telah membakar 3,570 kalori, dan ini lebih dari cukup untuk bisa menurunkan  0,5 kg berat badan. Jika Anda melakukan hubungan intim rata-rata satu jam, ini berarti satu kilo berat badan mungkin bisa diturunkan dengan 21 kali berhubungan suami istri. Bukankah ini berita yang bagus bagi yang ingin langsing dan juga sehat ?
¨Seks adalah model terhebat dari olahraga,¨ komentar Patti Britton, PhD, seksolog dan Presiden American Society of Sexuality Educators and Therapist.
4.  Menyehatkan jantung dan pembuluh darah
Meskipun ada anggapan umum yang mengkhawatirkan bahwa tenaga yang dikeluarkan saat berhubungan suami istri dapat memicu stroke, namun para peneliti Inggris menyatakan anggapan itu tidaklah benar.
Dalam riset yang dilakukan pada 914 partisipan dan dipantau selama 20 tahun.
yang dipublikasikan Journal Epidemiologycal and Community Health, para ahli mengatakan bahwa hubungan seks yang rutin dilakukan tidak ada kaitannya dengan stroke.
Manfaat seks bagi jantung pun tidak hanya itu.  Para peneliti juga mengungkapkan bahwa melakukan hubungan intim sekali atau dua kali seminggu dapat menurunkan risiko serangan jantung fatal hingga 50 persen pada pria, dibanding mereka yang melakukan hubungan seks kurang dari sekali dalam sebulan.
5. Bisa meningkatkan rasa percaya diri 
Ini yang diungkapkan salah satu dari 237 alasan mengapa orang melakukan hubungan seks.  penelitian ini telah dilakukan oleh ahli dari Universitas Texas dan juga dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behavior.
6. Memperbaiki keintiman.
Ketika kita melakukan hubungan seks dan orgasme maka akan terjadi peningkatan hormon oksitosin atau juga disebut hormon cinta.  Hormon oksitosin inilah yang dapat membantu pasangan  suami istri dapat membangun dan memperkuat tali ikatan dan rasa kepercayaan antara satu sama lain.
Peneliti dari Universitas Pittsburgh dan Universitas North Carolina mengevaluasi respon 59 wanita premenopause.  Dari partisipan dihitung jumlah hormonnya  sebelum dan sesudah melakukan hubungan dengan suami mereka yang diakhiri dengan berpelukan.  Riset ini membuktikan bahwa, semakin sering terjadinya sentuhan, makin tinggi kadar oksitosin. Dan
¨Kadar oksitosin ini membuat kita merasa ingin selalu mengasihi dan mengikat.
7. Mengurangi rasa sakit
Ketika hormon oksitosin dalam tubuh meningkat, kadar endorphin juga akan naik dan membuat kita menjadi nyaman sehingga rasa sakit akan berkurang.  Oleh karena itu, jika sakit kepala, sakit artritis atau gejala sidrom premenstrual Anda bisa mereda setelah berhubungan seks, itu lebih karena efek hormon oksitosin.
8. Menekan risiko terkena kanker prostat
Peneliti di Australia pernah mengungkapkan bahwa ejakulasi secara teratur akan dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat di masa lansia. Dan riset ini telah dipublikasikan dalam British Journal of Urology International.
9.  Memperkuat otot dasar panggul wanita
Bagi para wanita, melakukan latihan otot dasar panggul saat berhubungan intim dikenal dengan istilah gerakan senam Kegel.  Gerakan ini akan memberi kenikmatan bagi kedua pasangan suami istri, selain juga dapat memperkuat bagian otot dan menekan risiko inkontinensi di masa lansia.
10.  Memperbaiki kualitas tidur
Oksitosin yang dilepaskan selama orgasme juga dapat merangsang kantuk, sehingga dengan tidur yang cukup dan berkualitas, akan tercapai kesehatan yang lebih baik karena tensi darah dan berat badan tetap terplihara.
Itulah dantara sepuluh fungsi dan manfaat berhubungan suami istri, yang mungkin selama ini banyak diantara kita belum mengetahuinya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment